4 Tips Membaca Lowongan Kerja, Awas dengan No.3 | HRD Forum
Home | Coaching | 4 Tips Membaca Lowongan Kerja, Hati-hati dengan No.3

4 Tips Membaca Lowongan Kerja, Hati-hati dengan No.3

Tepat Memilih Lowongan Pekerjaan

4 Tips Membaca Lowongan Kerja, Hati-hati dengan No.3

Keyword : Tips Membaca Lowongan Kerja

Mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang relatif cepat memang menyenangkan, apalagi bagi kita yang fresh graduate. Sebuah kebanggaan tersendiri. Akibatnya kita melamar semua pekerjaan yang ditawarkan oleh para pencari kerja, tanpa perduli perusahaan apa, dimana atau bidang usaha apa. Akibatnya merugikan kita sendiri, karena bisa jadi kita harus mengeluarkan banyak biaya untuk transportasi saat dipanggil interview serta banyaknya waktu terbuang untuk mengirimkan puluhan surat lamaran.

Sebuah survey yang dilakukan oleh situs lowongan kerja The Ladders di Amerika Serikat menemukan bahwa  sebanyak 44% responden pencari kerja hanya memerlukan waktu 1-5 menit untuk membaca lowongan pekerjaan sebelum menentukan akan melamar atau tidak. Sementara hanya 19% sisanya yang meluangkan waktu lebih dari 10 menit untuk meneliti lebih jauh.

Ingin ikut dalam HR Brotherhood Super BootCamp, angkatan ke-IX? Daftar dari sekarang juga. Banyak manfaat yang bisa Anda peroleh diantaranya akan memperkuat Networking Anda di antara praktisi HR se Indonesia dan juga akan meningkatkan kompetensi Anda. Sudah terbayangkan, apa yang harus Anda lakukan sekarang? DAFTAR

Sebaiknya luangkan waktu untuk membaca lebih teliti semua lowongan kerja yang ada, karena meskipun banyak lowongan kerja tampaknya serupa, namun jika diteliti akan terbaca petunjuk-petunjuk khusus yang mengarah pada kualifikasi yang diperlukan. Setelah kita benar-benar mengerti kebutuhan perusahaan dan ternyata sesuai dengan kemampuan dan minat kita, maka kita baru mulai mengirimkan surat lamaran atau resume kepada mereka.

Terdapat beberapa hal yang dapat membantu kita agar kita tidak salah dalam mengartikan lowongan pekerjaan yang kita baca di pelbagai media. Berikut adalah beberapa tips membaca lowongan kerja :

1.       Cari tahu lebih jauh perusahaan yang menawarkan pekerjaan dan bidang usaha apa yang digelutinya. Kalau perlu cari tahu kegiatan atau hasil apa yang sudah dilakukan dan diperoleh. Kita dapat memanfaatkan internet untuk keperluan ini. Sekarang sudah hampir semua bidang usaha tercatat di internet, bahkan untuk usaha paling kecil sekalipun. Jika tidak memiliki website atau blog, mereka pasti memiliki akun sosial media atau pernah mengunggah sesuatu di internet.

2.       Pahami kualifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Perhatikan keywords yang tertera pada lowongan kerja. Misalnya saja jika secara spesifik perusahaan mencantumkan diantara syarat-syarat umum bahwa diperlukan akuntan yang bersertifikasi, maka itulah keywordnya. Jika kita memiliki syarat yang diminta, maka tandai poin ini pada CV sehingga terbaca jelas oleh pihak perusahaan.

3.       Waspadai penipuan. Lowongan kerja saat ini tersedia cukup banyak terutama yang tercatat di media on line. Waspadai kehadiran lowongan kerja palsu atau dengan maksud untuk melakukan penipuan. Jika kualifikasi yang diminta tidak masuk akal misalnya iming-iming gaji tinggi untuk pendidikan SMP, atau jika kita diminta untuk membayar sejumlah uang untuk alasan apapun hal ini patut diwaspadai.

4.       Semua persyaratan patut dipahami. Persyaratan ini bukan hanya kualifikasi yang diminta namun juga ketentuan pengiriman surat lamaran serta batas waktunya. Bisa saja perusahaan meminta kita untuk mengirim langsung ke alamat kantor atau melalui e-mail. Perhatikan dokumen apa saja yang perlu dikirim, tidak perlu mengirim seluruh dokumen jika tidak diperlukan karena semua sudah tercantum pada CV.

Dengan beberapa rambu-rambu diatas, semoga saja dapat membuat kita mendapatkan bukan hanya pekerjaan yang kita minati namun juga tempat kerja yang baik.

Situs Online Lowongan Kerja

Ada banyak situs website lowongan kerja, salah satu yang ada di Indonesia adalah situs lowongan kerja situsjobs.com di sana Anda bisa membaca informasi lowongan kerja dan sekaligus Anda bisa langsung melamar ke masing-masing lowongan kerja secara online.

Caranya sangat mudah, pertama Anda harus mendaftar menjadi member selanjutnya Anda bisa melamar langsung ke perusahaan tersebut dengan mudah. Semua fasilitas yang disiapkan oleh www.situsjobs.com gratis tidak dipungut biaya apapun.

Note:
HRD Forum adalah HR Consultant & Training Provider yang menawarkan jasa training, consulting, Head Hunting dan Coaching.

Sebagian besar klien pelatihan dan konsultasi HRD Forum adalah klien lama yang sebelumnya pernah mengundang HRD Forum atau pernah hadir di kelas pelatihan yang HRD Forum selenggarakan. Atau klien baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya, atau klien baru yang mendapatkan informasi dari berbagai channel seperti facebook, twitter, linkedin, milis, website, WA, BBM dan sebagainya. Jika perusahaan Anda cocok dengan materi dan metode pelatihan yang HRD Forum sampaikan silakan terus terhubung dengan HRD Forum melalui banyak channel yang tersedia atau direct di 08788-1000-100 ; email : [email protected] ; PIN BB : 5A24F771. website : www.HRD-Forum.com

Silakan teruskan informasi penting ini kepada rekan, kolega dan partner Anda, jika Anda nilai informasi ini bermanfaat. Terima Kasih.

Service HRD Forum : Training HRD, Training HR, Training Soft Skill, Training Technical Skill, Pelatihan HRD, Pelatihan HR, Head Hunter & Coaching.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*