Home | Coaching | 4 Manfaat Coaching yang Wajib Anda Ketahui

4 Manfaat Coaching yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Coaching Program

Di dalam kehidupan ini kita akan selalu dituntut untuk bisa menunjukkan performance yang semakin baik. Semakin baik kita dalam menunjukkan level performance maka akan semakin besar pula kesempatan kita untuk dicari – cari.

Banyak orang yang sudah memiliki keinginan, namun bingung bagaimana cara bergerak ke tahap mampu. Hal ini disebabkan karena mereka belum mengetahui caranya. Untuk itulah sebenarnya kita membutuhkan sebuah program coaching.

Tapi, sebelum kita mengetahu pentingnya program coaching ini lebih jauh. Kita perlu memahami definisi dari coaching itu sendiri. Proses coaching merupakan sebuah bentuk kerjasama dengan klien ( Coachee ) yang memiliki tujuan untuk menstimulasi pikiran untuk proses kreatif pada diri klien. Dimana pada akhirnya proses tersebut mampu menginspirasi klien dalam memaksimalkan potensi diri, baik itu dalam kehidupan pribadi ataupun dalam karier profesionalnya.

Manfaat dan Pentingnya Coaching Program

Setelah mengetahui definisi dari coaching, berikut ini akan dijelaskan beberapa alasan yang mendasari pentingnya Coaching program:

1. Meningkatkan Motivasi Karyawan (Motivational Level)
Melalui coaching tersebut, seseorang akan disadarkan dengan tujuan yang jelas, yakni diberikan sebuah solusi yang akan dicapai. Ketika “harta karun” yang terdapat dalam diri seseorang telah tergali, maka otomatis dia akan termotivasi. Motivasi yang diadapat tersebut bersumber dari internal atau motivasi dari dalam diri. Dengan demikian, maka seseorang secara sadar akan terinspirasi dan dipenuhi dengan motivasi. Hal ini merupakan hal utama yang dapat digunakan untuk meraih kesuksesan dalam bidang apapun.

2. Melejitkan Performance Individu dan Tim
Coaching mampu membuat seseorang sadar tentang apa saja IKU yang penting didalam hidup maupun karir mereka. Dengan program coaching, seseorang akan diajak untuk selalu berpikir kreatif sehingga bisa meraih performance yang hebat.

Indikator Kinerja atau Indikator Kinerja Utama (IKU) merupakan sebuah hal yang penting. Untuk seorang karyawan, nilai IKU yang tinggi akan mampu membuatnya mendapatkan promosi di dalam pekerjaannya. Sedangkan bagi seorang pengusaha, IKU juga mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan “nilai” bisnis yang mereka jalankan. Semakin tinggi nilai IKU maka akan semakin berhasil pula bisnis yang dijalankannya tersebut.

3. Membuat Hubungan Makin Harmonis
Coaching bisa membuat hubungan menjadi semakin harmonis. Hubungan mempunyai peranan yang besar untuk meraih sebuah kesuksesan. Program Personal ataupun Professional Life Coaching memang sengaja dibuat untuk meningkatkan kualitas hubungan di keseharian mereka.

4. Melakukan Lompatan dalam Bisnis
Untuk menghasilakan kinerja yang sangat baik maka dibutuhkan pola pikir yang tepat dan juga benar. Di samping itu kemampuan bertindak yang konsisten juga sangat dibutuhkan. Kedua hal tersebut akan membawa seseorang ke hasil yang luar biasa hebat.

Dalam hal ini, Coaching akan membantu seseorang dalam mengenali potensi diri dan juga memaksimalkannya. Coaching akan menginspirasi dan juga membuat kita berpikir kepada sebuah solusi.

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengikuti Coaching program. Jika anda berminat, tentu anda dapat mengikuti program tersebut.

Coachindo Association membawa kabar gembira, Coachindo mengadakan Certified Coach Practitioner (CCP) untuk level pertama, dilanjutkan dengan Certified Coach Master Practitioner (CCMP) di level kedua dan terakhir adalah Certified Coach Facilitator (CCF) di level ketiga.

Setelah berhasil mengambil program CCF, seorang Coach sudah boleh membuka kelas pelatihan sendiri di bawah naungan Coachindo Association.

Untuk mempelajari lebih jauh Coachindo Association silakan kunjungi : Coachindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*