10 Human Capital Metrics Example

0

Apa itu Human Capital Management Metrics?

Human Capital Management metrics adalah ukuran kuantitatif dan indikator kinerja utama yang digunakan untuk menilai dan menganalisis berbagai aspek sumber daya manusia dan tenaga kerja dalam suatu organisasi. Metrik-metrik ini memberikan wawasan berharga tentang efektivitas, efisiensi, dan dampak strategi dan praktik SDM terhadap kinerja dan keberhasilan keseluruhan organisasi.

Metrik-metrik ini mencakup berbagai area terkait SDM, termasuk perekrutan para talent, keterlibatan karyawan, retensi, produktivitas, pelatihan dan pengembangan, keragaman dan inklusi, serta efektivitas keseluruhan tenaga kerja. Dengan melacak dan menganalisis metrik-metrik ini, organisasi dapat membuat keputusan berdasarkan informasi, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan menyelaraskan strategi SDM dengan tujuan bisnis.

Secara keseluruhan, Human Capital Management metrics memainkan peran penting dalam mengevaluasi kinerja dan kontribusi sumber daya manusia suatu organisasi, memungkinkan bisnis untuk mengoptimalkan tenaga kerja mereka dan mencapai pertumbuhan dan keberhasilan yang berkelanjutan.

Mengapa melacak metrik Manajemen Modal Manusia (Human Capital Management) itu penting?

Melacak metrik Manajemen Modal Manusia (HCM) sangat penting karena memberikan wawasan mendalam tentang kinerja, produktivitas, dan keterlibatan karyawan dalam organisasi. Dengan melacak metrik ini, perusahaan dapat memahami secara lebih baik bagaimana sumber daya manusia mereka berkontribusi terhadap kesuksesan bisnis secara keseluruhan.

Beberapa alasan mengapa HCM metrics itu Penting :

  1. Pengambilan Keputusan yang Informasional: Metrik HCM memberikan data dan informasi yang dapat dipercaya, membantu manajemen dalam mengambil keputusan strategis berdasarkan fakta dan bukti.
  2. Identifikasi Tantangan dan Peluang: Melalui metrik HCM, perusahaan dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan juga mengenali peluang untuk meningkatkan kinerja karyawan.
  3. Pengukuran Efektivitas Strategi SDM: Dengan melacak metrik HCM, perusahaan dapat mengevaluasi efektivitas dari berbagai inisiatif dan program manajemen sumber daya manusia yang telah diimplementasikan.
  4. Peningkatan Efisiensi Operasional: HCM metrics dapat membantu mengoptimalkan proses-proses SDM, mempercepat rekrutmen, dan mengurangi biaya-biaya terkait karyawan.
  5. Meningkatkan Keterlibatan Karyawan: Dengan mengukur tingkat keterlibatan karyawan, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kepuasan dan motivasi karyawan.
  6. Mengidentifikasi Bakat Potensial: HCM metrics membantu dalam mengidentifikasi bakat potensial dalam organisasi, sehingga dapat dikembangkan untuk peran dan tanggung jawab yang lebih tinggi.
  7. Menilai Dampak Program Pelatihan: Melacak metrik pelatihan dapat membantu dalam menilai efektivitas program pengembangan karyawan dan mengidentifikasi area di mana perbaikan diperlukan.

Dengan melacak metrik Manajemen Modal Manusia (Human Capital Management), perusahaan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih tepat dan efektif dalam mengelola sumber daya manusia mereka, meningkatkan kinerja organisasi, dan mencapai tujuan bisnis yang lebih tinggi.

Human Capital Management metrics Example

Human Capital Metrics adalah metrik-metrik yang digunakan untuk mengukur kinerja dan kontribusi sumber daya manusia (SDM) dalam organisasi. Berikut adalah 10 contoh Human Capital Metrics beserta formulanya:

  1. Employee Turnover Rate (Tingkat Perputaran Karyawan): Formula: (Jumlah Karyawan yang Keluar dalam Periode Tertentu / Total Jumlah Karyawan) x 100
  2. Employee Retention Rate (Tingkat Pemertahanan Karyawan): Formula: ((Jumlah Karyawan yang Tetap dalam Periode Tertentu – Jumlah Karyawan yang Keluar dalam Periode Tertentu) / Total Jumlah Karyawan Awal) x 100
  3. Time to Fill (Waktu Pengisian Posisi): Formula: (Jumlah Hari dari Posisi Lowong Hingga Karyawan Baru Mulai Bekerja) / Jumlah Posisi yang Diisi
  4. Cost Per Hire (Biaya Penggajian per Karyawan Baru): Formula: Total Biaya Penggajian untuk Merekrut Karyawan Baru / Jumlah Karyawan Baru yang Direkrut
  5. Training Return on Investment (ROI Pelatihan): Formula: ((Nilai Tambah yang Dihasilkan dari Pelatihan – Biaya Pelatihan) / Biaya Pelatihan) x 100
  6. Revenue Per Employee (Pendapatan per Karyawan): Formula: Pendapatan Total Perusahaan / Jumlah Karyawan Aktif dalam Perusahaan
  7. Absenteeism Rate (Tingkat Absensi): Formula: (Jumlah Hari Absen Karyawan / (Total Jumlah Hari Kerja Karyawan x Jumlah Karyawan)) x 100
  8. Employee Productivity (Produktivitas Karyawan): Formula: Output atau Kinerja Karyawan / Jumlah Jam Kerja Karyawan
  9. Employee Engagement Score (Skor Keterlibatan Karyawan): Formula: (Jumlah Karyawan yang Terlibat secara Positif dalam Survei Keterlibatan / Total Jumlah Karyawan yang Diundang Survei) x 100
  10. Human Capital Return on Investment (HCROI): Formula: (Pendapatan Kotor – Biaya Total SDM) / (Biaya Total SDM) x 100

Penting untuk dicatat bahwa setiap organisasi dapat menyesuaikan metrik yang digunakan berdasarkan kebutuhan dan tujuan strategis mereka. Penggunaan Human Capital Metrics yang tepat dapat membantu organisasi dalam mengukur, memantau, dan meningkatkan kinerja dan kontribusi sumber daya manusia mereka.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Terima kasih dan salam HRD Forum.

Bahari Antono, ST, MBA
Owner & Founder HRD Forum

—-

Ingin mengundang HRD Forum? silakan kirimkan email ke : Event@HRD-Forum.com atau Whatsapp : 0818715595

HRD Forum Connect :
linktr.ee/hrdforum


HRD Forum memberikan jasa Training, Konsultasi, Pendampingan dan Pengerjaan project-project HR seperti : Job Analysis & Job Description, Analisis Beban Kerja, Key Performance Indicators (KPI), Objective & Key Result (OKR), Desain Kompetensi Jabatan, Kamus Kompetensi Jabatan, Matrik Kompetensi Jabatan, CBHRM, Struktur & Skala Upah, Job Evaluation, Training Evaluation & ROTI, Behavioral Event Interview (BEI), Training of Trainer (TOT), Organization Development, Corporate Culture, HR Audit, Performance Management, Performance Appraisal, Coaching for Performance, Talent Management Program, Career Planning, Industrial Relation, Leadership Development Program, Manager Development Program, Supervisory Development Program, Staf Development Program, Managerial Skills for Leaders dan sebagainya. Untuk menggunakan jasa HRD Forum silakan hubungi Hotline : 08788-1000-100 atau Whatsapp ke : 0818715595

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Halo,
Ada yang bisa Kami Bantu?